Kamis, 23 Februari 2012

Penipuan Pembeli Nigeria

Penipuan Pembeli Nigeria. Selamat malam, juragans! Sudah lama saya gak posting artikel nih. Hehehehe. Kali ini, saya akan membahas mengenai Penipuan Pembeli Nigeria. Loh, emang Penipuan Pembeli Nigeria ini dilakukan oleh semua rakyat Nigeria? Enggak, gan. Bukan gitu maksudnya. Jadi Penipuan Pembeli Nigeria ini emang marak terjadi, mungkin sejak tahun 2005 yang lalu. Mau tahu kisahnya? Silahkan baca artikel mengenai Penipuan Pembeli Nigeria versi saya :D




Kejadiannya bermula ketika saya menjual barang di online store www.tokobagus.com. Lalu, seorang buyer/pembeli (Penipu Pembeli Nigeria) bertanya dengan mengirimi saya e-mail (melalui www.tokobagus.com) dengan menanyakan kondisi barang yang saya jual. Kira-kira kejadian ini terjadi pada siang hari. Pembeli tersebut mengirimi saya e-mail dengan pertanyaan yang sama kurang lebih sebanyak enam kali termasuk produk lain yang saya jual. Begini isi pesannya:



gambar: isi pesan pembeli penipu Nigeria

     >hello seller, i want to buy your item..is it in a good condition?
     >get back to me through my email:  grace.paul56@yahoo.com

Kemudian saya membalas e-mail dari Penipu Pembeli Nigeria tersebut. Isi pesan saya kurang lebih memberi tahu kondisi barang yang saya jual bahwa barang saya tersebut dalam kondisi baru dan sangat baik serta saya memberitahukan format pemesanan barang saya tersebut.


Sore harinya, sekitar pukul 18.00 WITA, saya mendapat balasan e-mail dari Penipu Pembeli Nigeria. Ini isi e-mailnya:

Hello Seller,

Sorry for my late reply.How are you doing? I am a Medical Doctor and also a Minister of God. Thank you for your reply. i really love to buy this item for my kid studying in Nigeria. i have live and work in Indonesia (Jatim, Indonesia)in 1993 to 1997 but i am not working there again but i am presently working in Scotland. i will be paying through Bank to Bank transfer,so I want to let you know that the Bank is there to protect both the Buyer and the Seller interest so that the transaction can go smoothly Simple and Successful.You have nothing to worry about that because the bank will handle the transaction with Full sincerity.

so get back to me with the total cost+the shipment through EMS speed post (3days) or DHL to my kid Nigeria.

so as to proceed with the payment. so get back with the below for payment
Name of Bank Holder/Owner:
Name Of Bank:
Bank Branch:
Account Number:
Price+shipment to Nigeria:
Item Name:
Your Email:
Your Contact Number:


this is my kid address you will send to
Name--Paul Adisa
Address- No77, Mayjor Road Adetokun, Sango
City-Ibadan 
State- Oyo State
Country-Nigeria 
Zip Code-23402
Phone no-2347033454713

I wait your reply
Dr Grace Paul


gambar: balasan saya untuk pembeli penipu Nigeria :p


Karena e-mail ini merupakan e-mail pertama oleh seorang yang berasal dari luar negeri yang ingin membeli produk saya (red=PERTAMAX :p), saya merasa ragu dan khawatir. Akhirnya, saya mecoba untuk Googling dengan keyword Nigeria 23402. Alhasil, saya kaget dan kagum. Kaget karena dengan keyword yang saya masukkan ini, mendapatkan hasil yang menyatakan hati-hati dengan para Pembeli Penipu Nigeria. Kagum karena teknik scam ini dilakukan sudah sejak beberapa tahun lalu dan masih berlangsung hingga saat ini.

Ternyata banyak juga teman-teman blogger, seller/penjual di www.tokobagus.com dan agan-agan KASKUS yang mendapatkan e-mail serupa. Untuk thread KASKUS-nya, silahkan klik http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4593504 atau klik http://www.kaskus.us/showpost.php?p=653087353&postcount=97 (link kedua adalah post komentar saya pada thread tersebut). Meski isi e-mail dan pengirim e-mail ada yang berbeda, tetapi perhatikan/cermati e-mail tersebut. Cari semua tentang yang ia ceritakan dengan mesin pencari/embah Google. Karena bisa saja dia adalah seorang Pembeli Penipu Nigeria yang sedang beraksi.


Kemudian saya membalas e-mail Penipu Pembeli Nigeria tersebut dengan sedikit ceramah. Hehehehe. Lalu, sehabis membalas email Penipu Pembeli Nigeria tersebut, saya langsung menulis artikel ini mengenai Penipu Pembeli Nigeria itu.

Jadi, beberapa hikmah yang dapat kita petik dari kejadian ini adalah:

  • Kita harus waspada dengan segala ancaman.
  • Jangan mudah percaya dengan orang yang kita kenal (ingat kata mama :D).
  • Pastikan bahwa buyer adalah orang yang "bersih". Tidak terdapat dalam blacklist atau scammer seperti Penipu Pembeli Nigeria tersebut. Anda bisa mencarinya di search engine/embah Google.
  • Selalu mencari tahu apakah alamat yang diberikan pembeli/penjual yang berasal dari luar negeri ini adalah asli atau palsu.
  • Sebelum memulai pekerjaan, bacalah Basmalah dan akhiri dengan Hamdalah (bagi anda yang beragama Islam :D)
  • Tidak semua orang Nigeria menjadi seorang Penipu Pembeli Nigeria. Kita harus waspada. Bukan berburuk sangka terhadap orang lain.

Sekian artikel dari saya mengenai Pembeli Penipu Nigeria kali ini. Mohon maaf dengan segala kekurangan yang ada pada artikel ini yang berjudul Penipuan Pembeli Nigeria dan isi/konten dari blog saya.
Terima Kasih.
:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar